Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor

Aplikasi Pemformatan Naskah Digital
Aplikasi yang dapat digunakan untuk menyusun naskah digital dengan format EPUB adalah:
a. aplikasi pengolah kata, misalnya MS Office atau Libre Office;
b. aplikasi pengolah gambar, misalnya GIMP, Paint, atau Adobe Photoshop;
c. aplikasi audio video editor, misalnya Audacity, Any Video Converter, dan Format Factory;
d. aplikasi EPUB editor, misalnya Sigil atau Viewporter.
Aplikasi editor EPUB menggunakan Sigil. Sigil adalah sebuah perangkat lunak editor untuk
EPUB yang bersifat open source. Beberapa fitur dari Sigil adalah sebagai berikut.
a. Gratis dan Open Source dengan lisensi GPLv3.
b. Multiplatform: dapat dijalankan di Windows, Linux dan Mac.
c. Multiple view: Book view, Code View dan Preview.
d. Dapat langsung mengedit tampilan EPUB di book view.
e. Generator daftar isi dengan support untuk heading multi-level.
f. Editor metadata.
Sigil sudah mendukung import file video dan audio semenjak versi 0.7.0.

Aplikasi Pembaca Naskah Digital
Format EPUB membutuhkan aplikasi alat baca. Daftar aplikasi alat baca naskah digital dapat dikategorikan berdasarkan platform dan sistem operasinya. Platform yang dimaksud seperti komputer, laptop, tablet, dan smartphone.
a. Komputer atau Laptop
Pada komputer maupun laptop, aplikasi yang digunakan dikategorikan berdasarkan sistem operasi:
1) Microsoft Windows dapat menggunakan perangkat lunak seperti ekstensi pada Chrome: Readium, add on Firefox: EPUBReader, dan Calibre eBook Viewer;
2) Apple MacOs dapat menggunakan perangkat lunak seperti iBooks dan Calibre eBook Viewer; dan
3) Linux dapat menggunakan perangkat lunak Okular dan Calibre eBook Viewer.
b. Tablet atau Smartphone
Pada tablet maupun smartphone, aplikasi yang digunakan dikategorikan berdasarkan sistem operasi:
1) Apple iOS dapat menggunakan perangkat lunak iBooks;
2) Google Android dapat menggunakan perangkat lunak Gitden Reader, Moon+Reader, dan Ideal Group reader;
3) Blackberry OS dapat menggunakan perangkat lunak EPUB reader yang bisa diunduh di Blackberry.
c. Telepon Seluler.
Pada telepon seluler dan feature phone tersedia aplikasi Albitreader. Idealnya, sebuah format EPUB rata-rata berjalan stabil dan banyak digunakan pada perangkat alat baca.Persiapan Naskah Digital
Hal yang perlu diperhatikan pada proses penyiapan materi untuk dikonversi menjadi naskah digital adalah memberi pemahaman kepada siswa bahwa pembaca naskah digital memiliki kebebasan mengakses isi naskah sesuai dengan apa yang dicari dan dapat dibaca secara
acak/tidak runtut. Oleh karena itu penyiapan materi harus diupayakan agar bagian dari isi naskah dapat berdiri sendiri atau bersifat modular. Sifat ini meminimalkan ketergantungan antara bab yang satu dengan yang lain.
a. Mengatur Tata Letak Dokumen
Sebelum diformat, bahan ajar dalam bentuk dokumen harus terlebih dahulu disesuaikan formatnya dengan cara melakukan beberapa pengaturan.
1) Mengatur Gambar
Gambar perlu diatur sehingga tampil dengan baik ketika dikonversi ke file EPUB, yaitu harus dalam posisi in line with text. Mengubah pengaturan tata letak gambar dapat dilakukan dengan cara berikut ini. 2) Mengatur Ilustrasi Lainnya
Ilustrasi selain gambar misalnya shapes, smartArt, atau chart sebaiknya diubah ke dalam bentuk gambar.
Mengubah berbagai ilustrasi di atas ke dalam bentuk gambar dapat dilakukan dengan menggunakan fitur screenshoot, misalnya menggunakan aplikasi Snipping Tool yang otomatis terinstal pada sistem operasi Windows.
3) Mengatur Tabel Tampilan tabel dalam EPUB harus diperhatikan,
dikarenakan alat baca EPUB yang beragam baik dari sisi perangkatnya maupun perangkat lunak. Tampilkan informasi secukupnya pada tabel,
dan potong kolom sesuai kebutuhan jika dirasa data yang ditampilkan terlalu panjang. b. Mengatur Audio
Format audio yang dapat digunakan untuk naskah digital adalah mp3. Pada contoh ini digunakan Format Factory versi 4.0.0 untuk mengubah format file selain mp3 menjadi format mp3.

Pengembangan Naskah Digital
Proses pengembangan EPUB lebih mudah dilakukan jika menggunakan materi atau bahan ajar yang dibuat dalam format dokumen. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pengembangan naskah digital adalah
pengubahan materi yang dimiliki menjadi format EPUB. Materi yang dapat diubah menjadi format EPUB adalah materi dalam bentuk word atau pdf.

a. Konversi dari Word menjadi EPUB
Dokumen yang tata letaknya telah diatur, dapat dikonversi ke dalam bentuk HTML menggunakan rumus sebagai berikut.
Berikut detail penjelasannya.
1) Klik tab File pada dokumen yang akan dikonversi.
2) Pilih Save As kemudian tentukan lokasi file akan disimpan.
3) Pilih Web Page, Filtered (.htm;.html) pada Save as type. Kemudian tekan
tombol Save.

b. Memberi Identitas Naskah
Sigil mempunyai fitur yang dapat digunakan untuk membuat identitas naskah digital secara terstruktur. Dapat ditambahkan pula sampul, kolofon atau metadata, indentasi pada setiap paragraf, dan daftar isi, agar memudahkan ketika melakukan pencarian. Jika naskah tersebut mempunyai banyak bab/ bagian, juga dapat menambahkan page break pada Sigil.

Daftar Isi
Daftar isi merupakan cara utama pengguna melakukan navigasi di dalam dokumen EPUB. Sigil memiliki fitur untuk membuat daftar isi secara otomatis. Hal yang perlu dipersiapkan hanyalah menentukan heading pada setiap bagian yang ingin dimasukkan di dalam daftar isi.
Membuat daftar isi di pada Sigil dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.
a) Klik tab Tools pada Sigil, pilih Table of Content dan pilih Generate Table of Contents (CTRL + T) atau dengan menekan ikon TOC.
b) Tampil kotak dialog Generate Table of Content. Perhatikan daftar heading yang telah dibuat dengan memeriksa pada kolom Level.
b) Membuat Indentasi pada Sigil
c) Klik tombol OK. Bagian Table of Content di sebelah kanan Sigil akan diisi dengan heading yang telah dipilih.

Sampul
Sampul dalam naskah digital muncul pada tampilan utama perangkat lunak pembaca naskah digital, yang tampil bersama informasi lainnya seperti judul naskah dan nama pengarang.

Untuk membuat sampul naskah, perlu disisipkan sebuah file gambar yang akan digunakan sebagai halaman sampul. Selanjutnya ikuti langkah langkah berikut ini. a. Sampul depan 1) Klik menu Tools kemudian pilih Add Cover. 2) Maka akan tampil kotak dialog Add Cover. Jika gambar yang ingin digunakan sebagai sampul naskah sudah tersedia di file EPUB, pilih gambar di kolom Thumbnail size (misalnya Image01.jpg), kemudian klik tombol OK. 3) Jika gambar yang akan dijadikan sampul belum terdapat di file EPUB, klik tombol Other Files. Muncul kotak dialog Add Existing Files, pilih gambar yang diinginkan untuk dijadikan sampul, misalnya Contoh Sampul.jpg kemudian klik tombol Open. 4) Hasilnya akan muncul file HTML baru dengan nama cover.xhtml pada panel Book Browser. b. Sampul belakang 1) Klik kanan pada cover.xhtml kemudian pilih Add Copy untuk membuat salinan sampul. 2) Akan tampil Section0001.xhtml pada Book Browser, ubah namanya agar mudah dikenali dengan cara klik kanan pada Section0001.xhtml kemudian pilih Rename. Ganti dengan nama baru, misalnya Cover 2.xhtml. 3) Pindahkan file tersebut ke posisi paling akhir dengan cara menggeser ke bawah. 4) Tambahkan file gambar yang diinginkan untuk sampul belakang dengan klik kanan Images pada Book Browser, kemudian pilih Add Existing Files. 5) Tampil kotak dialog Add Existing Files, pilih gambar diinginkan kemudian klik tombol Open, misalnya Image02.jpg. 6) Selanjutnya double klik pada Cover2.xhtml, kemudian klik ikon Code View dan ganti nama gambar yang dipilih untuk sampul depan dengan nama gambar yang dipilih untuk sampul belakang, pada contoh ini Image01.jpg diganti dengan Image02.jpg. 7) Klik ikon Book View yang berada di sebelah kiri ikon Code View, maka akan ditampilkan gambar yang dipilih sebagai sampul belakang.

Memasukkan File Multimedia
Sigil telah mendukung import file rekaman video dan rekaman suara ke dalam dokumen EPUB.
Saat ini format yang didukung oleh EPUB adalah: Audio: (mp3, wav, ogg)
Video: (mp4, webm).
Untuk memasukkan file multimedia ke dalam EPUB, lakukan langkah-langkah berikut ini.
a. Posisikan kursor di lokasi yang ingin disisipkan file multimedia.
b. Klik ikon Insert File.
c. Akan tampil kotak dialog Insert File, pilihlah Audio/Video yang diinginkan.
d. Selanjutnya pilih audio/video, kemudian klik tombol Open. Misalnya dipilih video dengan nama Pentingnya Buku Digital.mp4.
e. Audio/video yang telah ditambahkan akan tampil di halaman HTML. Klik tombol Play/Pause untuk memutar audio/video. Jangan lupa untuk menyimpan file setelah melakukan modifikasi.