Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan

Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet. Internet berasal dari kata interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, atau Internet. Munculnya world wide web pada tahun 1990-an membuka
ruang komunikasi daring yang lebih luas kepada pengguna internet.

Jenis Komunikasi Daring
Penggunaan jenis sarana komunikasi akan memengaruhi keserempakan waktu komunikasi. Terdapat dua jenis komunikasi daring.

1) Komunikasi Daring Sinkron (Serempak)
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya yang terkoneksi dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).
Contoh komunikasi sinkron adalah Text chat, Video chat, Videochatting.

2) Komunikasi Daring Asinkron (Tak Serempak)
Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

Komponen Pendukung Komunikasi Daring
Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapatdilakukan. Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai
berikut.

  • Perangkat Keras (Hardware)
    Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung lainnya.
  • Perangkat Lunak (Software)
    Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai jembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: Skype, Google Hangouts, web conference, dan
    sejenisnya.
  • Daya Nalar atau Akal (Brainware)
    Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.

Pemanfaatan Komunikasi Daring Asinkron

Membuat akun Gmail
Untuk mendapatkan layanan Gmail, kita harus membuat akun Gmail dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
1) Bukalah web browser, kemudian ketik Gmail.com pada address bar dan tekan tombol Enter.
2) Google akan mendeteksi dimana lokasi pengguna saat membukanya. Lokasi ditampilkan di pojok kanan bawah dipilih Indonesia. Klik link Buat akun (Create account) untuk membuat akun baru.
3) Isilah semua kolom isian dengan biodata diri, misalnya sebagai berikut.
• Nama (Name), terdiri atas dua bagian, yaitu nama depan dan nama belakang.
Misalnya dipilih Endang untuk nama depan dan Wulandari untuk nama
belakang.
• Pilih nama pengguna (Choose your username), isilah sesuai dengan nama
pengguna yang diinginkan. Isian ini digabungkan dengan @gmail.com, nantinya akan menjadi alamat e-mail. Gunakan hanya huruf, angka, dan titik (.), jangan gunakan spasi ketika menyusunnya, sebagai contoh dipilihlah alamat e-mail dengan nama: endangwulandari08@gmail.com.
• Jika nama pengguna yang diisi telah digunakan oleh orang lain, Gmail akan memberi tahu dan meminta untuk memilih nama pengguna yang lain. Misalnya pada contoh ini, “endangwulandari” telah digunakan oleh orang lain. Maka, endang mengubah nama penggunanya, misalnya dengan menambahkan angka 08.
• Buat sandi (Create a password), buatlah sandi yang kuat, minimal terdiri atas 8 karakter, gabungan dari angka dan huruf. Disarankan untuk memilih sandi yang baru dan belum digunakan sebelumnya, jangan gunakan sesuatu yang terlalu kentara seperti nama, asal daerah, hewan peliharaan. Dan jika bisa buatlah sandi menjadi sebuah frasa, misalnya: “Gapailah mimpi setinggi langit”.
• Konfirmasi sandi Anda (Confirm your password), ketik ulang sandi yang ditulis pada Buat sandi. Hal ini untuk memastikan bahwa pengguna tidak lupa ataupun salah ketik saat mengisi kolom isian sandi.
• Tanggal lahir (Birthday), isilah dengan tanggal lahir Anda, misalnya: 12 Pebruari 1998.
• Gender, pilih jenis kelamin.
• Nomor ponsel (Mobile phone), masukkan nomor ponsel. Nomor ponsel akan membantu Google untuk menjaga akun agar aman, misalnya Google akan mengirimkan sms untuk membantu jika lupa sandi.
• Alamat email saat ini (Your current location), masukkan jika memiliki akun lainnya. Jika tidak biarkan kosong. Isian ini berfungsi seperti nomor ponsel.
• Lokasi (Location), yang mendeteksi otomatis.
4) Jika sudah lengkap, klik tombol Langkah berikutnya (Next step). Akan tampil pemberitahuan Privasi dan Persyaratan yang ditetapkan Google untuk pengguna Gmail. Klik tombol Saya setuju (I agree) untuk menyetujui layanan Google.
5) Tampil pemberitahuan Selamat datang, yang menyatakan bahwa e-mail yang dibuat telah selesai. Klik tombol Lanjutkan ke Gmail (Continue to Gmail).
6) Tampilan akun Gmail saat pertama kali adalah sebagai berikut. Pendaftar akan mendapat email pertama kali dari Tim Komunitas Google, klik untuk melihatnya.